Senin, 27 April 2009

Perkembangan bencana

Dalam beberapa tahun terakhir, khusus nya Kalimantan Tengah, mengalami beberapa pergantian musim yang tentu saja hal itu sangat berpengaruh dengan penghasilan para petani ladang yang berada di daerah-daerah yang tergolong dengan rawan bencana. Ada pun sebagian masyarakat di kalimantan tengah yang memiliki usaha waralaba lainnya seperti pertokoan. Tepat nya 1 bulan yang lalu terjadi sebuah bencana kebakaran di daerah komplek pertokoan besar di jalan Jend. A. Yani, kebakaran tersebut menghanguskan sedikitnya 4 ruko yang terdiri dari 1 buah ruko yang menjual peralatan anak sekolah sekaligus agen penjualan buku-buku pelajaran terbitan Erlangga, kemudian 1 buah ruko yang menjual koran, majalah (Agen majalah/koran), 1 buah ruko/Counter handphone, dan 1 buah ruko yang menjual lokasi sekolah/instansi perkantoran dan juga organisasi. Kerugian dari kejadian tersebut di perkirakan ratusan juta rupiah. Untuk sementara, para pedagang eks kebakaran jalan Jend. A. Yani saat ini di berikan bantuan berupa alat-alat elektronik , buku-buku pelajaran lengkap dengan peralatan lainnya, dan beberapa barang lainnya sebagai pengganti dari barang-barang dagangan yang sudah hangus terbakar yang tentu saja bantuan tersebut diserahkan melalui pemerintah Kota Palangka Raya beserta beberapa Instansi terkait lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa bulan yang lalu tepatnya bulan Januari terjadi kebakaran hebat yang terjadi di komplek Pasar besar Gg. Suhada. Kebakaran tersebut diduga arus pendek dari rumah warga di Gang tersebut. Seluruh jajaran terkait Pemerintah kota Palangka Raya termasuk organisasi ikut serta dalam penanggulangan bencana dan tanggap darurat tersebut diantara nya, PMI Cabang Kota Palangka Raya, TAGANA, Ibu-ibu PKK, ParPol, Pemko (Pemerintah Kota) Palangka Raya, Gubernur Kalimantan Tengah Melalui Wakil Gubernur Drs. H. Ahmad Diran beserta Muspida. Tentu saja ada kesedihan yang di alami oleh warga pengungsi terutama anak-anak di usia sekolah, karena bingung dan tidak tahu bagaimana cara mereka belajar dan pergi ke sekolah karena pakaian sekolah dan baju seragam mereka sudah hangus terbakar.

Menurut data dari PMI Daerah dan Cabang Kota Palangka Raya, di daerah Kalimantan Tengah terdapat beberapa daerah yang merupakan menjadi target atau titik rawan bencana. Di bawah ini merupakan daerah-daerah yang merupakan daerah rawan bencana di antara nya :

No. Nama Kecamatan Bencana Yang Sering Terjadi

1. Kecamatan Pahandut Banjir dan Kebakaran
2. Kecamatan Sebangau Angin Puting beliung
3. Kecamatan Bukit Batu Tanah Longsor dan kebakaran Hutan serta lahan
4. Kecamatan Jekan Raya Banjir dan Kebakaran Hutan serta Lahan
5. Kecamatan Rakumpit Banjir

Hal ini di perlukan ada nya kesiapsiagaan dari berbagai instansi pemerintah khususnya yang berada di bawah naungan Pemerintah Kota, untuk bertindak guna mengurangi dampak bencana yang beberapa tahun terakhir belakangan ini sering terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar